Dishub Barito Timur Dampingi Konsultan Cek Kelayakan Pelabuhan Telang Baru

Tim Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur mendampingi konsultan nasional saat memulai survei dan pemetaan kedalaman Sungai Napu untuk keperluan Pengoperasian Pelabuhan Telang Baru milik Pemkab Barito Timur.


“Pelaksanaan survei dan pemetaan telah dimulai kemarin (Kamis, 9 November 2023) hingga selesai nanti,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Barito Timur Bertulumeus melalui sekretarisnya Hendroyono, Jumat, 10 November 2023.

Dia menjelaskan, hasil survei dan pemetaan yang dilakukan konsultan nasional akan menjadi dasar pembuatan studi kelayakan untuk memasukan Pelabuhan Telang Baru ke Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN).

“Jadi dari kegiatan itu mereka (konsultan nasional) mendapatkan data eksisting sebagai dasar pembuatan studi kelayakan dalam rangka percepatan proses perizinan operasional pelabuhan milik pemerintah daerah,” terang Hendroyono.

Setelah survei dan pemetaan selesai dilakukan, konsultan nasional akan menyajikan gambaran secara detail mengenai kelayakan fungsi dan keberadaan pelabuhan tersebut.

Jika hasilnya layak untuk dioperasionalkan maka akan segera dilakukan proses perizinan dan legalitasnya untuk difungsikan sebagai pelabuhan pengumpan yang bersifat terminal umum untuk melayani angkutan barang antar pulau.

“Dengan optimalisasi potensi pelabuhan ini akan menjadi salah satu peluang sumber penghasil  Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar buat Pemkab Barito Timur dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” papar Hendroyono. (BOLE MALO/j)

sumber : https://www.borneonews.co.id